Detail Berita

Kegiatan Rutin Membersihkan Kampung Dusun Baran Desa Sumbersuko

Assalamu'alaikum wr wb.

Dusun Baran adalah salah satu dusun yang sangat kental dengan gotong royong nya dusun yang terletak di ketinggian sekitar 1000m dari permukaan laut ini berada di desa Sumbersuko Kecamatan Tajinan.  seluruh warga yang berada didusun tersebut 99% menggunakan bahasa Madura  kebersamaan dan kearifan lokal yang sangat baik sehingga menjadikan lingkungan daerah tersebut menjadi asri.

Gotong Royong yaitu suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dan bersifat suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan dengan lancar, mudah dan ringan. Warga Dusun Baran.

Kerja bakti membersihkan lingkungan merupakan salah satu kegiatan yang selalu dilakukan setiap 2 bulan sekali. Hari minggu menjadi salah satu hari dimana selalu dijadikan kegiatan kerja bakti mulai dari usia Tua,Remaja,anak-anak semua membaur dalam kegiatan kerja bakti tersebut

Contoh kegiatan yang dapat dilakukan secara bergotong royong antara lain pembangunan fasilitas umum dan membersihkan lingkungan sekitar dengan saling gotong royong dan berbagi pekerjaan masyarakat dusun baran utara saling membantu membersihkan lingkungan dan menjadikan lingkunan disekitar wilayah tersebut menjadi indah dan sejuk.

Ada banyak sekali manfaat kerja bakti, baik bagi lingkungan dan kehidupan manusia. Beberapa yang manfaat kerja bakti yang bisa disebutkan adalah sebagai berikut :

  1. Lingkungan sekitar dusun baran menjadi bersih karena selalu terpelihara dan terawat

  2. Menangkal Penyakit - penyakit, demam berdarah atau malaria, 

  3. Jika dikerjakan bersama - sama tidak perlu lagi membayar ongkos petugas untuk membersihkan lingkungannya

  4. Menjadi wadah silaturahmi antar warga : dengan ikut dalam kegiatan ini, warga yang satu bisa bertemu dan berbincang satu dengan lainnya. Hal itu akan memperkukuh silaturahmi antar warga

  5. Menjadikan lingkungan menjadi nyaman dan indah : dengan tidak adanya ilalang, taman tertata dengan baik, maka sebuah lingkungan akan menjadi enak dilihat dan nyaman untuk ditinggali dan dilewati.

  6. Mendidik anak-anak dalam kegiatan kerja bakti ini untuk saling mengenal satu dengan yang lain dan mengajarkan tentang bagaimana menjaga lingkungan dan alam.

Wassalammu'alaikum wr wb

Berita Terkait