Detail Pruduk Unggulan Desa

BUDIDAYA TANAMAN HIAS ''ANGGREK''

Produk Unggulan - Tanaman Hias

Dusun Sukodadi merupakan salah satu dusun yang ada di Desa Sumbersuko Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang. Dimana warga dusun tersebut mayoritas sebagai petani. Oleh sebab itu para pemuda/Karang taruna Panjalu mempunyai gagasan atau trobosan untuk mengangkat sumberdaya dan ekonomi masyarakat Desa Sumbersuko khususnya dusun sukodadi. Dusun Sukodadi yang berada di wilayah pertanian dapat mengembangkan produk unggulan Desa berupa tanaman hias bunga anggrek sehingga warga dapat memanfaatkan pekarangan rumah  untuk tanaman hias.
Manfaat yang diperoleh warga masyarakat Desa adalah tambahan penghasilan keluarga serta lingkungan rumah yang bersih, sehat, asri dan nyaman serta:

  1. Berbasis pada potensi sumber daya lokal, sehingga produknya dapat dijadikan keunggulan.

  2. Mempunyai pasar lokal  yang besar dan memiliki peluang yang besar untuk diekspor. Dalam rangka meningkatkan pendapatan Desa, maka fokus pengembangan produk unggulan juga harus diarahkan ke pasar ekspor.

  3. Produknya dapat mendorong tumbuhnya berbagai kegiatan ekonomi lainnya, sehingga mampu memberi kontribusi yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi Desa/kawasan perdesaan.

  4. Memiliki dukungan sumber daya manusia yang memadai serta ditunjang dari hasil penelitian serta pengembangan yang tepat sasaran, selain didukung finansial yang cukup.

  5. Memiliki kelayakan ekonomi dan finansial untuk tetap bertahan, bahkan berkembang secara berkelanjutan

Tanaman hias bunga anggrek ini sering digunakan untuk menghiasi ruangan atau taman. Dengan intensitas cahaya yang dibutuhkan skala sedang sampai agak tinggi. Agar tidak terjadi penguapan yang berlebihan bisa Anda gunakan semprotan untuk membantu mengurangi penguapan saat panas yang terik. Setelah batang tumbuh maksimal maka akan diteruskan pertumbuhan tunas yang baru. Tanaman hias jenis ini relatif mudah untuk dibudidayakan. Dengan bunga yang bervariatif dan indah cocok sekali menjadi tanaman hias di ruang tamu ataupun di teras depan rumah.

Perawatan yang sangat efisien dan mudah sangatlah cocok sebagai usaha sampingan bagi masyarakat. ketekunan merupakan faktor terpenting agar budidaya tanaman hias ini dapat berhasil dan menguntungkan. 

Pruduk Unggulan Desa Terkait